TUTORIAL

CNT-121-DH-TSM

Tanya Jawab Seputar Google AdSense

Google AdSense ImagesArtikel berikut ini dirangkum dari pertanyaan2 (dan jawaban) yg diajukan di bagian Konsultasi AdSense. Salah satu alasan kenapa saya memutuskan untuk merangkumnya di sini adalah karena halaman konsultasi tersebut sudah sedemikian panjangnya (kaget juga sih liat respon dari temen2🙂 ), sehingga sangat sulit untuk membaca dan menelusuri masing2 topik yg dibahas.

Mengenai Dasar AdSense

Q: Apa itu CTR, CPC, eCPM, dll?
A: Baca penjelasannya di sini.

Q: Bagaimana agar situs kita diterima oleh Google?
A: Cara berikut biasanya berhasil:

  1. Bikin blog baru di blogspot
  2. Gunakan salah satu template selain yg default (biar gak keliatan bikinnya asal2an) atau bisa juga pake custom template yg banyak ada di internet.
  3. Ambil artikel2 dari situs free publish article, seperti ArticleCity, GoArticle, dll. Copy-paste sekitar 10 artikel dari sana.
  4. Coba apply lagi dng menggunakan blog tersebut.

Q: Bagaimana cara mengganti email yg kita gunakan untuk mendaftar di Google AdSense?
A: Tidak bisa, tapi bisa dicoba untuk langsung mengkontak Google dan menjelaskan alasan melakukan perubahan, siapa tahu diperbolehkan.

Mengenai Implementasi AdSense

Q: Apakah boleh meletakkan kode AdSense dalam IFRAME?
A: Boleh, tapi tidak disarankan. Dulu halaman Setup milik Google mengikutsertakan pilihan untuk membuat kode AdSense yg bisa diletakkan di tag IFRAME, tapi fitur ini sekarang sudah dihilangkan. Walaupun begitu, Program Policies Google AdSense tidak menyebutkan apakah kita diperbolehkan menggunakan IFRAME atau tidak. Jadi, untuk berjaga2, jika memang memungkinkan, hindari meletakkan kode AdSense dalam IFRAME.

Q: Apakah boleh meletakkan kode AdSense di lebih dari satu situs?
A: Boleh saja. Dan Anda tidak perlu mendaftarkan masing2 situs tersebut.

Q: Bagaimana cara memasang video ad units AdSense?
A: Baca penjelasannya di sini.

Q: Apakah boleh menyamarkan ad units AdSense sehingga tidak kelihatan seperti iklan?
A: Boleh, asal masih ada dalam batasan2 yg diberikan oleh Google di Program Policies mereka.

Q: Apakah pengunjung tetap situs kita lebih cenderung mengabaikan iklan AdSense dibandingkan pengunjung baru? Cara mengatasinya?
A: Ya. Efek ini disebut dengan “Ad Blindness”, yaitu kecenderungan pengunjung untuk mengabaikan iklan yg ada karena mereka sudah terlalu sering melihatnya. Untuk mengatasinya, letakkan ad units AdSense secara acak atau ubahlah desain situs Anda secara berkala, antara 3 sampai 6 bulan sekali.

Q: Mengapa CPC saya kecil atau tidak stabil?
A: CPC dipengaruhi oleh bid yg dipasang oleh pemasang iklan di AdWords. Pemasang iklan tentunya tidak sembarangan dalam memasang bid karena itu mempengaruhi dana yg mereka keluarkan. Bisa jadi mereka memasang bid yg besar di waktu2 tertentu, dan sebaliknya, merendahkan pengeluaran mereka di hari2 lainnya.

Q: Saya lihat ada situs lain yg memodifikasi kode AdSense mereka. Apakah diperbolehkan?
A: Tidak. Kecuali mereka adalah publisher2 premium AdSense yg memang berhak dan diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut.

Mengenai Referral AdSense

Q: Apakah kita akan mendapatkan uang apabila ada yg mengklik link referral AdSense kita?
A: Tidak. Kita hanya akan mendapatkan uang apabila ada yg mendaftar AdSense melalui link tersebut dan mendapatkan $100 dalam waktu kurang dari 6 bulan (180 hari). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai referral, baca di sini.

Mengenai Software Monitor AdSense

Q: Apakah AdSense Tracker itu?
A: AdSense Tracker adalah script 3rd-party yg berguna untuk mendeteksi dan memonitor segala kegiatan yg berhubungan dengan ad units AdSense kita, baik jumlah klik, asal pengunjung yg meng-klik, dsb.

Q: Dimana bisa mendapatkan script AdSense Tracker?
A: Anda bisa membelinya di AdSenseTracker.com atau silahkan berburu di situs2 warez🙂

Q: Apakah boleh memasang lebih dari satu script tracking AdSense?
A: Boleh.

Mengenai Banned

Q: Apakah tanda2 di-banned?
A: Yg pertama, kita akan mendapatkan imel dari Google mengenai hal tersebut. Yg kedua, Anda tidak bisa lagi login ke Member Area AdSense. Yg terakhir, seluruh ad units yg Anda pasang akan menampilkan PSA.

Q: Apa yg harus kita lakukan apabila terlanjur di-banned? Apakah bisa ikut AdSense lagi?
A: Baca jawabannya di sini.

Mengenai PIN

Q: Apa itu PIN?
A: PIN adalah nomer identifikasi yg diberikan oleh Google sebagai sarana pengecekan apakah alamat yg kita gunakan untuk mendaftarkan diri di Google AdSense valid atau tidak. Agar dapat melakukan payout, Anda harus memasukkan nomer PIN yg Anda terima di Member Area AdSense. Hanya publisher AdSense yg mendaftar setelah sekitar pertengahan 2005 saja yg akan menerima PIN.

Q: Kapan PIN dikirim?
A: PIN akan dikirimkan pada saat pendapatan kita mencapai $50 tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Statusnya dapat Anda lihat di Member Area AdSense.

Q: Kenapa saya belum menerima nomer PIN?
A: Google menggunakan surat pos biasa untuk mengirimkan nomer PIN, jadi jangka waktu pengirimannya berbeda2 dan untuk yg tinggal di daerah terpencil, memang ada kemungkinan untuk tidak menerima kiriman tersebut (tergantung pihak kantor pos di daerah tersebut). Jika dalam waktu sekitar 1.5 bulan Anda belum menerima PIN Anda, kontak Google.

Lain-Lain

Q: Apakah click-club / click-exchange dilarang? Apakah dapat meningkatkan pendapatan kita?
A: Ya. Ini tercantum dalam Program Policies Google AdSense. Mengikuti / menjalankan kegiatan ini memang mungkin dapat meningkatkan pendapatan AdSense kita dengan cepat, tapi apa artinya kalo tiba2 Anda di-banned dari Google.

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 7 January 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

29 Maret 2008 - Posted by | Adsense Google

3 Komentar »

  1. mas makasih baget infonya, itu membuat pencerahan buat saya

    Komentar oleh andy | 19 Juli 2008 | Balas

  2. good artikel (^_^)..he..3x
    lowongan-kerjamu.blogspot.com

    Komentar oleh Rensee | 25 Agustus 2008 | Balas

  3. makasih infonya…

    Komentar oleh nasmy06 | 22 November 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: